Salam Kenal...

kotabaru disini adalah nama salah satu Kabupaten yang ada di provinsi kalimantan selatan yang letaknya diujung selatan dari pulau kalimantan. mungkin di sesi berikutnya akan kami tampilkan peta dari kotabaru yang kami maksud, ibukota kabupatennya sendiri terletak di Pulau Laut, pulau yang memanjang dari utara - selatan dengan diikuti pulau-pulau kecil lainnya.
Mungkin sudah banyak yang tau Kotabaru? dimana hasil alam seperti batubara, kayu, bijih besi, emas, kapur (bahan baku semen), ikan, dan lain sebaginya banyak dihasilkan dari sini.
pabrik semen Tiga Roda, sebagian bahan dasarnya diproduksi di Kotabaru dengan industri yang bernama ITP Tarjun, sebagian lagi perusahaan batubara dan lainnya yang berskala besar seperti PT. Arutmin, PT. BCS (Bahari Cakrawala Sebuku), PT. BCMP, BUMA (kontraktor), SILO (bijih besi), etc.
jarak ibukota provinsi kalsel (banjarmasin) ke kotabaru sekitar 10 jam perjalanan darat, ehh..lupa bisa menjadi 12 jam bahkan lebih karena jalannya yang sangat menantang bagi pencinta olah raga offroader..
dan 25 menit jika lewat jalur udara.. cuman untuk sekarang tu pesawat lagi ngadat.. jadi satu-satunya jalan ya lewat darat, terkecuali ada yang berminat lewat laut..
Tahun 2000 kabupaten Kotabaru mengalami pemekaran melahirkan kabupaten baru yaitu kabupaten tanah bumbu, kabupaten ini sepenuhnya satu daratan dengan pulau kalimantan. dulu sebelum berpisah kotabaru mempunyai pelabuhan laut sendiri yang biasa di singgahin kapal-kapal penumpang sekelas kapal PELNI dan kapal cepat serta ferry cepat, namun sekarang pelabuhan dimaksud menjadi bukan bagian aset kotabaru melainnkan tanah bumbu karena letak dan posisinya.
Oh ya, kotabaru selain kekayaan alam yang melimmmpaaaahhhhh ruah, juga mempunyai pemandangan alam yang indah, pantainya yang dinamis, hutan alamnya yang eksotis, serta terumbu karangnya yang tak kalah menariknya.
bagi yang senang akan memancing laut, disini juga terdapat berbagai macam ikan laut dari yang ukuran mini sampai berukuran yang nda' kamu sangka...
penduduk aslinya adalah Banjar, namun perkembangan jaman menjadikan suku disini haterogen.. ada jawa, bugis, makasar, banjar, batak, dayak, padang, dll...
kesenian daerahnyapun sudah banyak bercampur, bahasa sehari-hari penduduk disini banjar indonesia..(campuran maksudnya)
Hutan kotabaru terkenal luas untuk daerah kalsel selain kab. tanjung tabalong, namun hal ini yang mengakibatkan tindak pidana kehutanan juga tinggi.
bukan hanya itu, dikarenakan wilayah kotabaru masih banyak yang masuk dalam kawasan hutan (kepmenhut no.453) membuat tingkat perambahan juga tinggi, mulai yang dilakukan secara sendiri-sendiri dan pribadi sampai secara beramai-ramai dan terkoordinir.
masalah tindak kejahatan/pidana kehutanan akan h kita bahas lebih lanjut di sesi berikutnya, nah kami pikir sekilas tetang kotabaru kita angap cukup.. mudahan blog ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semua dan doakan bisa berkembang, aminn ya rabbal alammin..

Komentar

Postingan Populer