AGENDA SAFARI KEPALA DINAS KEHUTANAN PROVINSI KAL-SEL DI KPH TALA, KPH KUSAN, KPH CANTUNG, KPH SENGAYAM YANG DI RANGKAI DENGAN RAKER DI HOTEL EBONY KAB. TANAH BUMBU

Agenda Safari kerja Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan Dr. Hanif Faisol Nurofiq, S. Hut, MP dengan di dampingi Kepala Bidang PKSDAE, Kepala Bidang PMPPS, Kepala Bidang PDASHL, Kepala BPTH dan Kepala Seksi terkait Sabtu dan Minggu 16-17 Februari 2019 sbb :
A. Agenda Sabtu 16 Februari 2019 :
Dalam perjalanan Sebelum tiba di Batulicin Kepala Dinas Kehutanan dan rombongan meninjau lokasi rencana Pembangunan persemaian Modern di desa Sebamban kecamatan Sungai loban seluas 15 Ha yang pengelolaannya akan di fasilitasi oleh HRB, peninjauan lokasi tersebut di dampingi oleh Kepala Seksi Perlindungan Hutan, KRPH Satui Anggota polhut KPH Kusan dan HRB.
Arahan Kepala Dinas terkait Pembangunan Persemaian Modern tersebut agar segera di realisasikan. Dengan terbangunnya persemaian tersebut di harapkan dapat menjamin ketersedian bibit yang memadai guna mendukung dan mensukseskan Gerakan Revolusi Hijau di provinsi Kalimantan Selatan. Kemudian Kepala Dinas dan rombongan melanjutkan perjalanan ke batulicin KPH KUSAN untuk beristirahat.
B. Agenda Minggu 17 Februari 2019 :
Bertempat di hotel ebony Kepala Dinas Kehutanan langsung memimpin Rapat Kerja yang di hadiri oleh Kepala Bidang PKSDAE, Kepala Bidang PDASHL, Kepala Bidang PMPPS, Kepala BPTH, Kepala Seksi Dishut terkait, KPH KUSAN, KPH CANTUNG DAN KPH SENGAYAM.
Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Kehutanan Provinisi Kalimantan Selatan menyampaikan Arahan dan program kerja 2019 dan 2020 yang perlu mendapat prioritas, mengingat pada saat ini stock kayu semakin tahun semakin menurun untuk itu sejalan dengan program pemerintah kalimantan selatan melalui Dinas Kehutanan bersama seluruh stake holder dan semua elemen masyarakat untuk bersama sama mensukseskan gerakan revolusi hijau yang bertujuan memerbaiki tutupan lahan dan kedepan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Operasionalisasi Perhutanan sosial yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat yg berdomisili di dalam kawasan serta menggali potensi HHBK dan Jasling yg dapat di kembangkan dan di kelola menjadi destinasi wisata.
Disamping itu Kepala Dinas juga mengucapkan terimakasih dan memberikan Apresiasi kepada semua KPH atas kinerjanya secara umun kinerja dinas kehutanan provinsi kalimantan selatan pada posisi yg membanggakan dengan predikat(A)
Di mana Predikat tersebut di peroleh melalui manajemen kepemimpinan yang ada pada Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan.
C. Selesai Rapat Kepala Dinas dan Rombongan meninggalkan batulicin menuju Pabrik Veener milik PT. HRB yang berlokasi di desa sebamban baru kecamatan sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu, di mana sumber bahan baku veener terdiri dari jenis kayu sengon, jabon dan acasia yang berasal dari IUPHHK-HT PT. HRB dan IUPHHK-HT PT. Kirana Katulistiwa serta pembelian dari hasil tanaman budidaya masyarakat di kabupaten Tanah Bumbu. Selama berada di pabrik Veener Kepala Dinas melakukan pertemuan dengan pihak pabrik di lanjutkan dengan pengamatan proses pengolahan kayu bulat hingga menjadi lembaran Veener yang siap untuk di pasarkan sesuai dengan permintaan konsumen. Hasil produksi veener tersebut sudah menembus pasar eksport negara korea dan Malaysia.
D. Setelah di rasa cukup Kepala Dinas dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju sungai cuka kecamatan Satui untuk meninjau langsung tanaman jabon dan sengon milik bapak setiyono . Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas melakukan perbincangan ringan dengan bapak setiyono terkait history tanaman jabon dan sengon miliknya. Dalam perbincangan tersebut Kepala Dinas mengapresiasi dan akan mensuport bibit sengon wamena untuk di tanam pada lahan yang masih kosong dan pupuk kepada pemilik (Setiyono).
Kemudian Kepala Dinas dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju KPH Tanah Laut.
sumber :
https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=541103206379606&id=100014397939209














Komentar

Postingan Populer