Turis Finlandia dan Estonia Kagum dengan Budaya‎ Dayak Loksado



KANDANGAN, Kalselpos.com – Kedatangan rombongan turis Finlandia dan Estonia ke Loksado ‎disambut oleh Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Syamsuri Arsyad, yang disuguhkan dengan budaya Balian warga Dayak Loksado, Sabtu (16/3). Turis-turis Finlandia dan Estonia merasa heran dan kagum melihat potensi yang ada di Loksado, yang disampaikan oleh Duta Besar (Duber) Republik Indonesia, untuk Finlandia dan Estonia, Wiwiek Setyawati Firman.
Rombongan ini dipimpin langsung oleh Dubes RI untuk Finlandia dan Estonia, Wiwiek Setyawati Firman dengan terdiri rombongan dari awak media, operator dan asosiasi pariwisata di Finlandia dan Estonia, di antaranya Pauliina Hulkko dari Tampere University Finlandia, Thea Karin dari Kuku Raadio Estonia, Revo Raudjärv dan Joosep Kink dari Tallinn TV Estonia.

Dubes RI, Finlandia dan Estonia, Wiwiek Setyawati Firman, mengaku sebagai orang Indonesia sangat bangga melihat potensi-potensi yang bisa dikembangkan di Loksado. “Potensi-potensi yang ada tersebut, harus di kembangkan menjadi lebih baik lagi dari sekrang,” ujarnya.
Diungkapkannya, rombongan ‎‎Finlandia dan Estonia merasa kangung dan terheran-heran saat berkunjung ke Loksado. “Mereka bilang Loksado terbaik dari daerah-daerah wisata yang pernah dikunjungi,” ujarnya.
Dikatakannya, orang-orang Finlandia dan Estonia terkenal sebagai orang-orang yang jujur, mereka akan berkata apa yang dipikirkan dan dirasakan. “Itulah karakteristik orang Finlandia dan Estonia jujur dan berkata benar,” ungkapnya.‎

Sementara itu, ‎Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, mengatakan, dengan adanya kedatangan rombongan ini, yang mana orang-orang Finlandia & Estonia kalau mereka berbicara itu orang akan sangat mendengar dan akan mengikuti. “Mereka menjanjikan akan banyak turis-turis yang akan datang ke Loksado. Mudah-mudahan ini semua menjadi kebaikan kita semua,” ujar Wabup Syamsuri.‎
Wabup Syamsuri, memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) beserta jajaran, terlebih lagi kepada Dubes RI Finlandia dan Estonia, telah membawa delegasi untuk kemajuan pariwisata di Kabupaten HSS. “Kami sangat menyambut baik upaya memajukan parawisata Loksado. Ini menjadi cikal bakal wisata di HSS akan semakin berkembang kedepan,” ujarnya.
Selan didamping Duber RI, kedatang turis Finlandia dan Estonia tersebut, didamping Kepala Dinas Kehutanan Pemprov Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq, Kepala Dinas Parawisata Pemprov Kalsel, Dahnial Kifli, Kepala Disporapar Kabupaten HSS, M Arlian Syahrial, M, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten HSS, Nordiansyah, dan Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten HSS, Asliansyah.

Penulis : Sofan
Editor : Wandi
Penangung Jawab : S. A. Lingga

Komentar

Postingan Populer