Puasa, Patroli Tetap Jalan






PARINGIN - Mengawali puasa di hari pertama bulan Ramadhan, Senin (6/5), tidak menyurutkan semangat tim Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Balangan. Walau haus dan lapar, giat patroli dan monitoring peredaran hasil hutan tetap berjalan.




Tim yang terdiri dari Polhut (Polisi Kehutanan), didampingi oleh KRPH Tebing Tinggi, M Arsin Mustawan, S.Hut, mengawali giat pertama di desa Juuh. Kemudian diteruskan ke desa Sungsum, Gunung Batu, Simpang Nandong, Tebing Tinggi, Langkap, Mayanau, Simpang Bumbuan, hingga Desa Dayak Pitap.



                           
Setelah melaksanakan giat di sembilan desa tersebut, tim tidak menemukan indikasi pelanggaran tindak pidana di bidang kehutanan. Selanjutnya tim berhenti tepat di perbatasan desa Juuh dan Sungsum, sambil memeriksa mobil yang berpotensi mengangkut kayu ilegal. Tetapi, kembali tim tidak menemukan adanya pelanggaran.
“Giat ini rutin kami laksanakan guna menjaga keamanan dan kelestarian hutan Balangan. Di samping itu, kami juga tidak pernah bosan mengingatkan kepada masyarakat pentingnya menjaga kelestarian hutan,” kata Kasi Perlindungan Hutan KPH Balangan, M Emir Faisal.

                               

                                          

                                 
Apalagi, lanjut dia, tak lama lagi musim kemarau datang. Bahaya kebakaran hutan dan lahan harus diwaspadai. “Kepada masyarakat kami selalu menekankan bahayanya karhutla. Sehingga harus berhati-hati,” ucapnya. (fanie/kph balangan)



Komentar

Postingan Populer